Istilah/ Kosa kata(tugasku dari Mr. Kasdi)

Diposting oleh Mediana on 2:11:00 PM

Kata : agunan

Kalimat :PT Bank Mandiri (Persero), Tbk menawarkan kredit tanpa agunan (KTA) take over dengan suku bunga jauh dibawah perbankan konvensional lainnya. (Sriwijaya Post Senin, 24 September 2007: 9)

Arti :a.gun.an n cagaran; gadaian;jaminan; tanggungan

Contoh : Apa agunanmu untuk pinjaman sebanyak itu?

Kata : akuisisi

Kalimat :Dengan demikian, perseroan harus mengakuisisi 4 hektar lahan lagi. (Kompas, Senin 24 September 2007: 21)

Arti :a.ku.i.si.si n 1 perolehan;pemerolehan

Contoh : Akuisisi bahasa ibu oleh anak - anak

2 masukkan tt data komputer

Contoh : Akuisisi data direkam dan kemudian diproses komputer

Kata : albinisme

Kalimat :Penyimpangan terhadap gen-gen warna kulit ini seringkali berkaitan dengan penyimpangan lain seperti albinisme, yang memunculkan warna kulit amat terang, sekaligus masalah penglihatan. (Kompas Cyber Media,Senin 19 Desember 2005)

Arti :al.bi.nis.me n kondisi genetis tg tidak sempurna yg menyebabkan organisme tidak dapat membentuk pigmen

Kata : alegro

Kalimat :Petikan Benny terdengar lemah, dan bagian pertama dan ketiga yang cepat (alegro) tampaknya menjadi sulit dikendalikan oleh kondukor Hari Poerwanto. (Kompas Cyber Media, Sabtu 09 Agustus 2003)

Arti :a.leg.ro Mus 1 a cepat (tt suara)

2 n komposisi musik dl tempo cepat

Kata : beslit

Kalimat :Bahwa Kerajaan Belanda dan Banda Aceh dinamainya dengan Kutaraja, yang kemudian disahkan oleh Gubernur Jenderal di Batavia dengan beslit yang bertanggal 16 Maret 1874, semenjak saat itu resmilah Banda Aceh Darussalam dikebumikan dan diatas pusaranya ditegaskan Kutaraja sebagai lambang dari Kolonialisme. (Kompas Cyber Media, Selasa, 07 September 2004)

Arti :bes.lit n cak surat keputusan (penetapan pengangkatan)

Kata : doktrin

Kalimat :Sebagian program itu tampaknya dipengaruhi oleh doktrin PM Jepang pada tahun 1976 hingga 1978, Takeo Fukuda, yang juga ayah kandung Yasuo Fukuda. (Kompas, Senin 24 September 2007: 16)

Arti :dok.trin n ajaran (tt asas- asas suatu aliran politik, keagamaan; pendirian segolongan ahlli ilmu pengetahuan, keagamaan, ketatanegaraan) seacara bersistem, khususnya dl penyusunan kebijakan negara

Contoh : Dalam sejarah Amerika kita kenal doktrin Monroe

Kata :endofit

Kalimat :Pada tanaman-tanaman obat yang sudah digunakan masyarakat tradisional secara turun-temurun ditemukan endofit yang mampu menghasilkan antibiotik kelas tinggi.(Kompas Cyber Media, Sabtu 25 Oktober 2003)

Arti :en.do.fit n Bio tumbuhan yang hidup di dalam tumbuhan lain atau di dalam hewan, biasanya sebagai parasit

Kata : endoskopi

Kalimat :Dengan menyayat bagian alis pasien sepanjang sekitar dua sentimeter, tim medis mengambil tumor di dasar tengkorak itu dengan alat bantu endoskopi.(Kompas Cyber Media, Selasa 28 Agustus 2007)

Arti : en.do.sko.pi n Dok pemeriksaan dengan menggunakan endoskop

Kata : entitas

Kalimat:Pertama, adanya penjualan kumpulan piutang oleh suatu entitas, disebut kreditor asal yaitu bank atau lembaga keuarngan yang memiliki aset keuangan. (Kompas, Senin 24 September 2007: 21)

Arti :en.ti.tas n satuan yang berwujud;ujud

Kata : gastronomi

Kalimat :Warna merah relatif lebih cepat menarik perhatian, dan konon menurut ahli gastronomi dan para konsultan restoran terkemuka di dunia, warna merah dapat merangsang perut sehingga menjadi lapar, dan setelah kenyang memberi signal agar cepat-cepat meninggalkan tempat.(Kompas Cyber Media, Kamis 20 Februari 2003: kesehatan)

Arti :gas.tro.no.mi n seni menyiapkan hidangan yang lezat- lezat;tata boga

Kata :gawir

Kalimat :Warna coklat-merah pada citra satelit mengindikasikan daerah padat vegetasi. Terlihat jelas bahwa batas vegetasi berimpit dengan batas antara gawir dan massa batuan yang bergerak.(Kompas Cyber Media, Rabu 19 Februari 2003)

Arti :ga.wir n dinding terjal (kerapkali disebabkan oleh pergeseran)

Kata : gradual

Kalimat :Ketiga, pembayaran pokok secara berkala mencerminkan pembayaran pokok pinjaman dilakukan secara gradual selama masa pinjaman. (Kompas, Senin 24 September 2007: 21)

Arti :gra.du.al a 1 berangsur-angsur; sedikit demi sedikit

Contoh : Menjelang Hari Raya terjadi kenaikan harga sembilan pokok secara gradual

2 sedikit; kecil

Contoh : Di sana- sini terdapat perbedaan secara gradual

Kata : hortikultura

Kalimat :Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (Dinas TKPH) OKUT, Ir Tubagus Sunarseno, MSi melalui Kabid Tanaman Pangan Ir Ruzuan, MM, Sabtu (22/9) mengatakan, sekitar 17.568 hektare tanaman padi yang belum dipanen ini meliputi kawasan Belitang dan sekitarnya, karena masa penanaman tidak serentak. (Sriwijaya Post Senin, 24 September 2007: 6)

Arti :hor.ti.kul.tu.ra n seluk-beluk kegiatan atau seni bercocok tanam sayur- sayuran, buah- buahan, atau tanaman hias

Kata : koalisi

Kalimat :Berkaitan dengan perang terhadap terror, Fukuda tetap akan melanjutkan misi angkatan laut Jepang di Samudra Hindia. Jepang tetap mendukung pasukan koalisi AS di Afganistan. (Kompas, Senin 24 September 2007: 16)

Arti :ko.a.li.si n Pol kerja sama antara beberapa partai untuk memperoleh kelebihan suara di parlemen

Contoh : Kabinet koalisi itu didukung oleh tiga partai politik yg besar

Kata : konsolidasi

Kalimat :Gerakan konsolidasi partai menghadapi pemilihan umum tahun 2009 semakin marak. Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Hamzah Haz, Sabtu (29/7) di Pangkal Pinang, Bangka, mengingatkan para kader partainya untuk bersiap-siap menghadapi sejumlah partai baru yang banyak muncul.(Kompas Cyber Media, Senin 31 Juli 2006)

Arti: kon.so.li.da.si n 1 perbuatan (hal dsb) memperteguh atau memperkuat (perhubungan, persatuan,dsb)

2 peleburan dua perusahaan atau lebih menjadi satu perusahaan

Kata :konstipasi

Kalimat :Sekitar 30–40 persen orang di atas usia 65 tahun mengeluh konstipasi. (Kompas Cyber Media, Selasa 10 Juni 2003)

Arti :kon.sti.pa.si n Dok sembelit

Kata : leksikograf

Kalimat :Pada bagian lain, Swantoro terus terang mengemukakan pujiannya kepada tokoh WJS Poerwadarminta, PJ Zoetmulder, dan Sartono Kartodirdjo. Poerwadarminta, meskipun hanya seorang lulusan Normalschool, terbukti mampu membuktikan dirinya sehingga bisa tumbuh dan menjadi leksikograf terbaik di Indonesia. (Kompas Cyber Media, Sabtu 2 Februari 2002)

Arti :lek.si.ko.graf n orang yang ahli dl penyusunan kamus; ahli perkamusan

Kata : likuiditas

Kalimat :Berdasarkan peraturan Bapepam Nomor IX.K.I tentang Pedoman Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragunan Aset, sarana peningkatan kredit tersebut dapat berupa penyediaan letter of credit (L/C), dana jaminan, penyisihan piutang ragu-ragu, asuransi, jaminan atas tingkat bunga, jaminan atas terdirinya likuiditas pada jatuh tempo oleh pihak ketiga dan lain sebagainya. (Kompas, Senin 24 September 2007: 21)

Arti :li.ku.i.di.tas n Man perihal posisi uang kas suatu perusahaan dan kemampuannya untuk memenuhi kewajiban yang jatuh tempo tepat pada waktunya; kemampuan memenuhi kewajiban membayar utang dsb pd waktunya (tt perusahaan dsb)

Kata : mobilitas

Kalimat :Memilki kapasitas hard disk 150 GB, notebook terbaru Hewlett-Packard ini ideal untuk digunakan di berbagai lingkungan dalam kondisi mobilitas yang tinggi.

(Kompas, Senin 24 September 2007: 34)

Arti: mo.bi.li.tas n 1 kesiapsiagaan untuk bergerak

2 gerakan berpindah – pindah

3 Antr gerak perubahan yang terjadi di antara warga masyarakat baik secara fisik maupun secara sosial

Kata : obligasi

Kalimat :Dari segi investor sendiri, investasi di KIK-EBA akan mendatangkan keuntungan berupa potensi imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan SUN atau obligasi korporasi. (Kompas, Senin 24 September 2007: 21)

Arti :ob.li.ga.si n 1 surat pinjaman dng bunga tertentu dari pemerintah yang dapat diperjualbelikan

2 surat utang berjangka (waktu) lebih dr satu tahun dan bersuku bunga tertentu, yg dikeluarkan oleh perusahaan untuk menarik dana dr masyarakat guna menutup pembiayaan perusahaan

Kata :oposisi

Kalimat :Seperti diketahui, LDP tidak lagi memegang suara mayoritas di Majelis Tinggi, melainkan oposisi. (Kompas, Senin 24 September 2007: 16)

Arti :o.po.si.si n 1 Pol partai penentang di dewan perwakilan dsb yg menentang dan mengkritik pendapat atau kebijaksanaan politik golongan yg berkuasa

2 Ling pertentangan antara dua bahasa untuk memperlihatkan perbedaan arti

Kata : paradigmatis

Kalimat :Kebutuhan melibatkan laki-laki dalam penghapusan kekerasan terhadap perempuan secara paradigmatis sesungguhnya bisa dideteksi dari perubahan konsep pemberdayaan perempuan dari model women in development (WID) menuju gender and development (GAD). (Kompas, Senin 24 September 2007: 37)

Arti : pa.ra.dig.ma.tis a 1 Ling tt hubungan unsur – unsur bahasa dl tingkat tertentu dengan unsur – unsur lain di luar tingkat itu yg dapat dipertukarkan

2 bersangkutan dengan paradigma

Kata : produktivitas

Kalimat :Dikatakan, dari luas panen 88.267 hektare yang telah dipanen, diperkirakan menghasilkan gabah kering giling (GKG) dengan tingkat produktivitas sekitar 538.428,7 ton atau setara dengan 340.286,9 ton beras. (Sriwijaya Post Senin, 24 September 2007: 6)

Arti :pro.duk.ti.vi.tas n kemampuan untuk menghasilkan sesuatu; daya produksi; keproduktifan

Contoh : Produktivitas pabrik kami sudah melampaui target

Kata : provisi

Kalimat :Keuntungan yang diperoleh debitur selain suku bunga murah, bebas provisi dan bebas biaya administrasi. (Sriwijaya Post Senin, 24 September 2007: 9)

Arti :pro.vi.si n 1 biaya (administrasi dsb)

Contoh : Penjualan efek itu dikenakan provisi 1,5%

2 upah atau imbalan

Contoh : Dia tidak akan mendapat provisi dari penjualan tanah milik negara itu

Kata : ruam

Kalimat :Dua hal pasti diagnosis campak, yaitu pertama, adanya bercak pualam di dalam mulut bagian dekat geraham ujung (Koplik spot) beberapa hari setelah ruam campaknya muncul. .( Kompas Cyber Media, Senin, 07 Februari 2005: KESEHATAN)

Arti : ru.am n bintil- bintil merah pada kulit; penyakit kulit(pada anak – anak karena peluh)

Kata: rubela

Kalimat :Perawat di sebuah rumah sakit swasta di Jakarta itu mengatakan dirinya terkena rubela beberapa hari lalu. .( Kompas Cyber Media, Rabu 8 Juni 2005: Berita Utama)

Arti : ru.be.ka n Dok campak

Kata : rumbia

Kalimat :Dalam dunia teknik sipil, rumah berkerangka kayu, berdinding gedek dan beratap rumbia, dikategorikan sebagai bangunan sementara, atau bedeng darurat. Dalil ini masih bisa diuji kebenarannya. .( Kompas Cyber Media, Sabtu 10 Juni 2006 : Opini)

Arti : rum.bi.a n 1 pohon palem yang menghasilkan sagu, daunnya dapat dibuat atap dsb; Metroxylon sagus

2 daun pohon rumbia

Kata : ulna

Kalimat :Tahap ini disebut ulna flexion.

Arti :ul.na n tulang lengan bawah; tulang hasta

Kata : ultrasonik

Kalimat :Sejenis katak langka dari China mencetak rekor sebagai hewan amfibi pertama yang berkomunikasi menggunakan suara ultrasonik.( Kompas Cyber Media, Kamis 16 Maret 2006: SAINS & TEKNOLOGI)

Arti : ul.tra.so.nik n Fis lebih cepat dp suara (dp daya tangkap pendengaran manusia); supersonik

Kata :ultrasonografi

Kalimat :Jadi, setiap hari mereka—para istri—harus bolak-balik ke rumah sakit, dua kali setiap hari. Ini untuk pengambilan darah, pemeriksaan dengan ultrasonografi, dan suntik hormon yang bertujuan memperbanyak jumlah sel telur yang matang.(Kompas Cyber Media, Minggu 06 Agustus 2006: Kesehatan)

Arti :ul.tra.so.no.gra.fi n teknik diagnostik untuk pengujian struktur badan bagian dalam yang melibatkan formasi bayangan dua dimensi dengan gelombang ultrasonik

Kata : umbalan

Kalimat :Proses pembalikan masa air itulah yang sering disebut arus balik atau umbalan (Kompas Cyber Media,Selasa 29 Agustus 2006:Forum)

Arti :um.bal.an ark n uang sewa perahu tambangan

0 komentar: