Serangga

Diposting oleh Mediana on 12:43:00 PM

Lebah atau tawon merupakan serangga yang terkenal dengan sengatannya. Sengatan ini digunakan ketika ada musuh yang mengusiknya. Meskipun begitu, tidak setiap lebah memiliki sengat. Lebah terdiri dari 2 jenis, yaitu lebah yang hidup berkelompok dan lebah yang hidup secara sendiri2(lebih soliter).

Lebah Madu terdiri dari tiga kasta yaitu lebah ratu, lebah pekerja, dan lebah pejantan. Lebah-lebah ini memiliki tugasnya masing-masing. Lebah pekerja berugas mencari madu dengan cara mengunjungi bunga-bunga yang bisa ditemuinya. Di dalam setiap koloni Lebah Madu biasanya terdapat sekitar 60.000-80.000 kebah pekerja.

FAKTA MENARIK

-          Pada masa Mesir Kuno, orang menggunakan madu sebagai salah satu formula dalam proses mumifikasi.

-          Tawon penyengat bergerigi, akan mati setelah menyengat, karena ia tidak akan bisa mencabut kembali sengatnya. Begitu mencoba mencabut  sengatnya abdomennya akan terkoyak.

Lebah Pasir akan menggali lubang untuk menyimpan larva-larvanya. Setelah itu, ia akan mencari mangsa, menyengatnya, dan membawanya ke dalam lubang untuk larva-larva itu.

 

Kalajengking adalah hewan penyengat yang sangat berbahaya.  Racun Kalajengking sangat bervariasi, mulai dari sekadar menimbulkan nyeri seperti pada Kalajengking Jawa, hingga yang mematikan seperti Kalajengking Meksiko atau Kalajengking Afrika.

Sekilas, perbedaan antara satu spesies kalajengking dengan jenis yang lain, tidak tampak. Kecuali dari ukuran dan warnanya.

Kalajengking hidup dengan memakan jaringan lunak atau cairan mangsa. Setelah mangsa dilumpuhkan, kalajengking akan mengisap cairan dari tubuh mangsanya. Mangsa kalajengking di antaranya belalang, jangkrik, ngengat, lalat, semut, dan laba-laba.

Kalajengking memanfaatkan kedua jepitan yang berada di bagian depan untuk menangkap mangsa. Pada keadaan seperti ini, ia akan menegakkan ekor sehingga sengatnya mengarah ke depan.

Predator kalajengking antara lain kelabang, kadal, ular, burung, dan kera. Kadang-kadang kalajengking juga saling memangsa.

FAKTA MENARIK

-          Kalajengking tidak bertelur,  tetapi melahirkan anak. Telur yang sudah dibuahi disimpan dalam rongga pengeram tubuh, Setelah lahir, anak-anak kalajengking akan memanjat punggung induknya.

-          Kalajengking memiliki mata, tetapi ia tidak bisa melihat dengan baik.

 

Belalang hidup dengan memakan rumput-rumputan. Belalang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu belalang pendek antena dan belalang panjang antena.

Belalang pandai mengeluarkan bunyi-bunyian dengan cara menggesekkan kaki belakangnya menyilang pada sayap depannya yang mengeras. Setiap spesies belalang memiliki suara berbeda-beda yang khas.

FAKTA MENARIK

-          Belalang muda bisa terbang hingga 1,6 kilometer dalam sehari. Apabila ia telah mendapatkan sayap secara sempurna, belalang dan kawanannya bisa terbang 50 kilometer dalam sehari sambil menyerang tanaman yang ditemuinya. Mereka terus bermigrasi untuk mendapatkan makanan.

 

Capung berasal dari ordo Odonata. Ia memiliki 2 pasang sayap. Biasanya hewan-hewan ini memiliki warna yang cerah dan mencolok sehingga sering menjadi sasaran predatornya, seperti burung atau katak.

Capung bertelur di dekat ataupun dalam air. Telur-telur capung ini terbungkus oleh getah agar tidak rusak di dalam air. Setelah itu, ia menjadi larva yangmemakan berbagai jenis larva hewan lain. Proses berikutnya, larva yang sudah memiliki organ lengkap, muncul di permukaan air dan siap terbang.

Capung memakan larva serangga-serangga kecil, misalnya saja larva nyamuk. Karena itu, nyamuk yang merupakan musuh manusia, akan sulit untuk berkembang biak.

Salah satu spesies capung yang berukuran besar adalah Capung Naga. Spesies capung ini bisa terbang dengan cepat.

FAKTA MENARIK

-          Capung dapat terbang dengan kecepatan 55 km/jam

-          Larva capung bisa menghabiskan sekitar 300 larva nyamuk dalam sehari.

 

Tarantula adalah hewan yang berada satu kelas dengan laba-laba(kelas Arachnida). Tarantula hidup sebagai karnivora, yaitu pemakan hewan lain, seperti ular kecil, kadal ,dan tikus. Tarantula banyak ditemui di wilayah tropis, seperti Amerika Selatan dan Meksiko.

Salah satu bagian yang menarik dari tarantula ialah taringnya yang bisa menyalurkan racun. Begitu taring ini dihujamkan ke tubuh mangsanya racun dari taring akan segera masuk ke dalam jaringan tubuh. Akibatnya, mangsa itu akan segera lumpuh tak berdaya.

Induk tarantula bisa menghasilkan 1000 telur setiap kali bertelur. Telur-telur ini akan menetas dalam waktu enam minggu. Hewan pengerat memangsa anak-anak tarantula.

FAKTA MENARIK

-          Usia tarantula lebih lama daripada jenis laba-laba lainnya. Tarantula betina bisa hidup lebih lama daripada jantan, yakni sekitar 20 tahun.

-          Tarantula betina bisa hidup sekitar 2 1/3 tahun tanpa makanan.

 

Kupu- kupu termasuk dalam ordo Lepidoptera.Ciri yang menarik dari hewan ini adalah sayap dan antenanya.  Warna-warna yang ada pada sayap kupu-kupu terbentuk dari kumpulan sisik yang mengandung pigmen.

Spesies kupu-kupu dengan sayap –sayapnya yang indah banyak ditemui di wilayah Indonesia Bagian Timur, salah satunya adalah Kupu-kupu Burung(Birdwing) yang bentangan sayapnya mencapai 30cm.

FAKTA MENARIK

-          Bangsa kupu-kupu diperkirakan sudah hidup di muka bumi sejak 200 juta tahun lalu. Dari sebuah fosil yang ditemukan , kupu-kupu pada masa itu ada yang memiliki rentang sayap yang panjangnya mencapai 65cm

 

Belalang Sembah(Mantis religiosa) termasuk serangga yang buas. Serangga ini disebut belalang sembah karena posisi kaki depannya seperti sedang menyembah. Padahal ,itu adalah posisinya ketika sedang mengintai mangsa.

Untuk mendapatkan buruan, seekor Belalang Sembah harus menunggu hingga mangsa lewat di depannya. Begitu mangsa berada dalam jangkauan, Belalang Sembah akan segera menyergap.

Warna dan bentuk Belalang Sembah yang sedemikian rupa, memudahkannya bersembunyi di antara  dedaunan saat mengintai mangsa.

Ketika bertelur, Belalang Sembah meletakkan telur-telurnya dalam kantong-kantong yang dilekatkan pada tanaman. Setiap kantong berisi beberapa butir telur. Telur-telur ini akan menetas secara bersamaan.Sebelum menjadi dewasa, bayi-bayi Belalang Sembah akan mengalami pergantian kulit yang terjadi antara 3-12 kali.

FAKTA MENARIK

-          Mata Belalang Sembah memiliki kemampuan untuk menangkap gerak, namun tidak dapat melihat sesuatu yang lebih halus lagi.

-          Gerakan Belalang Sembah sangat cepat, sehingga mangsa akan sulit menghindar dari incarannya. Kadang-kadang Belalang Sembah memangsa spesiesnya sendiri.

 

Kunang-kunang dari keluarga Lampyridae adalah serangga yg mengeluarkan cahaya berkerlip sendiri. Cahaya ini bisa berwarna hijau, kuning ,atau kuning dan hijau secara bergantian.

Kunang-kunang banyak ditemukan di daerah tropis, dan Amerika Utara yang tidak terlalu dingin. Mereka hanya keluar jika hari sudah gelap.

Cahaya kunang-kunang berasal dari organ-organ khusus di bawah perut. Namun, ada juga yang berasal dari dadanya. Baik betina maupun jantan, sama-sama bisa mengeluarkan cahaya.

Cahaya ini dihasilkan ketika zat yang disebut lusiferin diubah menjadi oksi-lusiferin dalam bentuk cahaya.  Kunang-kunang menggunakan cahyanya untuk menunjukkan kepada pemangsa bahwa tubuhnya mengandung bahan yang beracun. Dengan demikian ia berharap tidak akan dimangsa oleh si predator. Selain itu, cahaya tersebut digunakan untuk menarik perhatian pasangannya.

FAKTA MENARIK

-          Tidak semua kunang-kunang menghasilkan kerlip cahaya. Ada beberapa spesies kunang-kunang yang terus-menerus bercahaya.

-          Orang-orang Cina di masa lalu meletakkan banyak kunang – kunang di dalam sebuah lentera jika akan bepergian keluar rumah di malam hari. Lentera ini digunakan sebagai pengganti obor.

Daftar Istilah

Abdomen: Bagian tubuh berupa rongga perut yang berisi alat pencernaan; bagian di antara sekat rongga badan dan pinggul(perut bagian bawah);bagian tubuh di belakang dada(torak) pada antropoda.

Lusiferin: Bahan kimia yang tdp di sel-sel organism bioluminescent, seperti kunang-kunang, yang menghasilkan cahaya hijau kebiru-biruan yang hampir tanpa panas, saat teroksidasi oleh efek catalytic dari lusiferase dan ATP. Lusiferin juga merupakan nama umum untuk sejenis zat warna yang memancarkan cahaya ringan. Zat ini ditemukan dalam tubuh organism yang mempunyai  kemampuan bioluminescent,seperti kunang-kunang, ikan laut dalam mikroba. Nama ini diambil dari dewa cahaya Romawi, Lucifer.

Oksi-lusiferin: Hasil reaksi senyawa luciferyl adenylate dengan oksigen

 

Sumber= Ensiklopedia SERANGGA DAN PENYENGAT Seri Lanjutan 01

0 komentar: